PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR

Mei 16, 2008 at 9:44 pm (Uncategorized)

MAKALAH

  

 

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

 

JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI  PENDIDIKAN

                           FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN          

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2 0 0 8

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………………….. x

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………….. ix

BAB I : PENDAHULUAN

  1. Latar belakang…………………………………………………………………… 1
  2. Rumusan dan batasan masalah………………………………………………. 1
  3. Tujuan penulisan…………………………………………………………………. 2
  4. Manfaat penulisan………………………………………………………………. 2

BAB II : PEMBAHASAN

A.Pengertian Media…………………………………………………………………. 3

B.Media Gambar……………………………………………………………………. 4

C.Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar………………………………. 5

 

BAB III : PENUTUP

A.   Kesimpulan……………………………………………………………………….. 7

B.    Saran……………………………………………………………………………….. 7

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.Latar Belakang Masalah

Tingkat keefektifan pembelajaran disekolah salah satunya ditentukan dan dipengaruhi oleh kemampuan guru menerapkan dan mengelola proses pembelajaran. Guru harus mampu menyajikan apa yang diajarkan secara nyata agar mudah dipahami oleh siswanya. Dengan tingkat perkembangan usia siswa yang selalu bertambah dan tumbuhberkembang maka dibutuhkan media pembelajaran yang tepat.

Terutama pada mata pelajaran biologi yang sangat membutuhkan media dalam pengajarannya. Dengan materi yang berhubungan dengan makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan, proses pembelajarannya tidak akan berjalan dengan maksimal apabila materinya hanya dihadapkan dengan apa yang ada dalam buku ajar saja. Dalam pengajaran guru membutuhkan media yang tepat guna mempermudah siswa untuk memahami materi-materi yang ada dalam tiap mata pelajaran tersebut. Untuk itu media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu kesulitan dan permasalahan pada mata pelajaran Biologi ini. Sehingga diharapkan dengan adanya penggunaan media gambar pada mata pelajaran biologi diharapkan dapat membantu, memudahkan serta menarik minat siswa pada mata pelajaran ini.

Dikaitkan dengan media gambar solusi atas permasalahan yang dihadapi. Maka fenomena diataslah yang menjadi dasar penulisan makalah yang berjudul ”Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi” ini.

 

B.Rumusan dan batasan masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas,maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah “Media gambar  yang seperti apakah yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa?

Untuk membahas persoalan diatas maka penulis membatasi masalah sebagai berikut:

1. Pengertian Media

2. Media Gambar.

3. Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar.

 

C.Tujuan penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah

1.Mendeskripsikan tentang konsep dasar penggunaan media gambar dalam kegiatan belajar mengajar

2.Untuk mengetahui bagaimana penerapan dan penggunaan media gambar di dalam proses belajar mengajar  dan dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar siswa.

 

D. Manfaat penulisan

Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah:

1. Sebagai masukan kepada tenaga pendidik untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif di sekolah.

2  .Sebagai persyaratan dalam mata kuliah seminar teknologi pendidikan.

3. Sebagai masukan yang dapat menambah wawasan pembaca tentang penggunaan media gambar.

 

BAB II

 

PEMBAHASAN

 

  1. Pengertian Media

`           Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah pengantar pesan dari pengirim kepenerima pesan. Banyak batasan yang diberikan orang tentang media. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan di Amerika, membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan / informasi. Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Sementara itu Briggs (1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menghasilkan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.

            Asosiasi Pendidikan Nasional memiliki pengertian yang berbeda. Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya. Media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar dan dibaca. Apapun batasan yang diberikan, ada persamaan yang diantara batasan tersebut, yaitu bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan ke penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi

 

B.Media Gambar

Media gambar termasuk media visual, sebagaimana halnya media yang lain media gambar berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi siswa. Simbol-simbol tersebut perlu dipahami benar artinya agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien. Selain fungsi umum tersebut, secara khusus gamabar berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digambarkan. Selain sederhana dan mudah pembuatannya, media gambar termasuk media yang relatif murah bila ditinjau dari segi biayanya.

 

C. Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar

            Beberapa kelebihan media gambar antara lain :

1.      Sifatnya konkrit, Maksudnya gambar lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata.

2.      Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda/ peristiwa dapat dibawa kedalam kelas, dan tidak selalu bisa anak – anak dibawa keobjek / peristiwa tersebut. Media gambar dapat mengatasi masalah tersebut.

3.      Media gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sela atau penampang daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar.

4.      Gambar dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.

5.      Gambar harganya murah dan mudah didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan khusus.

Selain kelebihan – kelebihan tersebut, gambar mempunyai kelemahan, beberapa kelemahan tersebut adalah :

1.      Gambar  hanya menekankan persepsi indera mata

2.      Gambar benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.

3.      Ukurannya sangat terbatas kelompok besar.

Bagaimana gambar yang baik sebagai media pendidikan itu? Tentu saja adalah gambar yang cocok dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, ada enam syarat yang perlu dipenuhi oleh gambar yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai media pendidikan.

1.      Autentik

Gambar tersebut harus secara jujur melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sekitarnya.

2.      Sederhana.

Komposisi gambar hendaknya cukup jelas menunjukkan poin – poin pokok dalam gambar.

3.      Ukuran Relatif.

Gambar dapat membesarkan atau memperkecil objek/benda sebenarnya. Apabila gambar tersebut tentang benda / objek yang belum dikenal atau pernah dilihat anak maka sulitlah membayangkan berapa besar benda atau objek tersebut. Untuk menghindari itu hendaknya dalam gambar tersebut terdapat sesuatu yang telah dikenal anak – anak sehingga dapat membantunya membayangkan berapa besarkah benda tersebut.

4 Gambar sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan.Gambar yang baik tidaklah menunjukan objek dalam keadaan diam,tapi memperlihatkan aktifitas tertentu.

5. Gambar yang bagus gambar yang bagus dilihat dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan di capai.

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A Kesimpulan

            Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.            Gambar adalah sebuah media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran yang berfungsi menyampaikan pesan-pesan pembelajaran dituangkan melalui sebuah gambar.Dengan memanfaatkan media gambar,segala keterbatasan dapat diatasi.contohnya dari segi waktu dan biaya

 

B Saran

1.Bagi-bagi guru di sekolah diharapkan pada guru agar dapat menggunakan media pembelajaran,agar pembelajaran lebih efektif dilaksanakan.

2.Terkait pada pihak yang berwenang agar memfasilitasi sekolah,khususnya dalam bidang media pembelajaran.Terutama pada pemerintah daerah yang mempunyai wewenabg penuh dalam bidang ini.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Arif S.Sadiman,2005.Media Pendidikan,Jakarta:Grafindo.s

Tri Supeni,dkk,1994.Buku Biologi 2 SMU,Jakarta:Erlangga.

 

 

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: